Rabu, 10 Oktober 2012

Apa itu CRM ??


I.                   Pengertian CRM
CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.
CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan. Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media. Melalui sistem yang menerapkan CRM, perusahaan membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka.
CRM didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi. CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.

II.                 Fungsi CRM
Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:
1.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
2.      Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
3.      Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
4.      Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
5.      Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
6.      Menangani keluhan/komplain pelanggan
7.      Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
8.    Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Oleh karena itu agar sebuah sistem CRM dapat menjalankan fungsinya,maka diperlukan :
1.      Perencanaan bisnis yang matang
2.      Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM
3.      Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut strategi yang ditetapkan
4.      Menentukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM
5.     Menentukan standar aturan penanganan strategi berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubahan, perbaikan dan pemantapan strategi

III.              Tujuan CRM
Menurut Caesar, tujuan CRM yaitu :
1. Menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.
2. Menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.
3. Mendukung proses penjualan berulang kepada pelanggan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar