Minggu, 14 Oktober 2012

Pesawat Terbang Tanpa Awak dan Revolusi Digital

Tanpa disadari revolusi digital, khususnya teknologi komunikasi informasi telah ikut mempengaruhi jalan kehidupan kita tidah hanya terbatas di dunia maya tetapi juga di dunia nyata. 

Kalian pasti pernah melihat permainan model kendaraan seperti model mobil balap yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan sebuah radio control. Dalam kehidupan sehari-hari kita biasa menyebut permainan tersebut dengan radio control saja. Sebenarnya radio control adalah salah satu jenis remote control. Prinsip kerjanya sama dengan remote control untuk alat elektronik rumah, ada pengirim sinyal, ada penerima sinyal. Sinyal akan diterjemahkan sebagai sebuah instruksi, instruksi tersebut kemudian akan dilaksanakan oleh alat yang mengendalikannya. Istilah radio control sendiri sudah terlanjur ditujukan kepada jenis permainan model kendaran seperti model mobil balap, model kapal laut, model pesawat terbang dan lain sebagainya.



Pesawat terbang tanpa awak (PTTA) Wulung akan mengubah seluruh tatanan kehidupan kita. Pesawat nirawak kerja sama Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan dan BPPT ini memiliki multifungsi baik untuk keperluan pertahanan maupun sipil seperti pembuat hujan buatan. Pesawat terbang tanpa awak (PTTA) Wulung ini sudah menggunakan teknologi autonomous, menggantikan sistem kendali jarak jauh (remote control),” kata Akhmad Rifai, Manajer Program Kegiatan Rancang Bangun PTTA dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Autonomous System atau yang disingkat AS adalah suatu kelompok yang terdiri dari satu atau lebih IP Prefix yang terkoneksi yang dijalankan oleh satu atau lebih operator jaringan dibawah satu kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas. AS diperlukan bila suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Contoh yang paling sering dijumpai adalah: jaringan yang terhubung kepada dua upstream atau lebih ataupun eXchange Point, peering dengan jaringan lokal pada eXchange Point. Autonomous System Number atau yang disingkat ASN adalah nomor two-byte unik yang diasosiasikan dengan AS. ASN digunakan sebagai pengidentifikasi yang memungkinkan AS untuk saling menukar informasi routing dinamik dengan AS yang lain. Protokol routing eksterior seperti Border Gateway Protocol (BGP) membutuhkan ASN untuk saling bertukar informasi antara jaringan.

Sistem kerja autonomous pada jenis Wulung menggunakan perintah tujuan yang harus dicapai pesawat dengan menetapkan posisi koordinatnya. Setelah dicapai titik tersebut, pesawat bisa diperintahkan ke posisi koordinat lain atau kembali ke landasan. Ketika masih menggunakan remote control, pada jarak 5 kilometer, pesawat sudah tidak tampak. Sistem autonomous memungkinkan pemantauan kedudukan pesawat pada ketinggian dan koordinat tertentu. Kemudian, hasil pemotretan dan perekaman video dapat disaksikan seketika (real time) dari stasiun pengendali di darat. Saat diterbangkan dari Lanud Halim Perdanaksuma selama 20 menit, Jakarta, Kamis (11/10/2012), diperkirakan jangkauannya hanya mencapai radius 1.500 meter. Jangkauan terjauh yang pernah dicapai dalam uji coba sebelumnya adalah radius 73,4 kilometer.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar