Jumat, 30 November 2012

Tweet Twitter

TWITTER ....
hmm siapa sih yang tidak mempunyai akun twitter? katanya kalo ga punya twitter ga gaul lohh hahhaha
ya kata "twitter" sudah tidak asing lagi di telinga kita.. tapi sebenarnya twitter itu apa sih?? gunanya buat apa?? dan apa bedanya dengan social network yang lainnya ya..

okeh sekarang kita akan kupas semua tentang "Twitter".. :D

twitter itu apa sih??

Twitter merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang ditulis oleh pengguna lain atau biasa disebut "tweets" / kicauan. Tweet merupakan pesan yang terdiri dari 140karakter yang akan di share atau ditampilkan pada halaman home. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut "follower".

Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird. Ia adalah legenda NBA yang juga pernah bermain untuk klub basket Boston Celtics, tempat asal co-founder Twitter Biz Stone.

apa gunanya twitter??

Twitter berisi informasi dari dalam dan luar negeri tergantung dari siapa yang anda follow. Informasi yang didapat langsung dari narasumber secara aktual. Sekarang sudah banyak pengguna twitter yang merupakan admin dari suatu majalah, stasiun tv, bahkan artis juga banyak sekali yang mempunyai akun twitter, sehingga berita yang didapat akan up to date.


Twitter juga tidak hanya digunakan untuk mencari informasi, tetapi twitter kini sudah dapat dimanfaatkan dalam jasa periklanan. Jasa ini dikenal dengan sebutan Twitter Advertising. Melalui situs ini, kita dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan twitter untuk penggunanya dalam menawarkan produk atau jasa yang ingin kalian tawarkan.

Maka dari itu, kini banyak perusahaan yang telah membuat twitter atas nama perusahaan untuk mempermudah menawarkan jasa yang mereka jalani.

apa bedanya twitter dengan facebook?

Setiap media sosial memiliki karakter tersendiri, dan ini menyebabkan penggunaannya pun sedikit berbeda.

Twitter
- Batas setiap kiriman adalah 140 karakter, maka kita harus menulis yang singkat dan perlu saja, apalagi kalau menyertakan tautan (link) kita benar-benar harus berpikir untuk memilih dan menyingkat kata.

- Terdapat fitur ’following’ dan follower’. Following artinya teman-teman yang kita ikuti, sedangkan follower artinya teman-teman yang mengikuti kita.

- Twitter menawarkan kesederhanaan karena hanya berisikan informasi-informasi tertulis, link gambar di kicauannya. Sebenarnya layanan resmi dari twitter hanya update status tanpa aplikasi lain seperti foto, video, dan lain-lain. Jika di twitter bisa melakukan itu adalah karena bantuan aplikasi di luar twitter. Karena hanya update status, maka pembicaraan di twitter akan lebih fokus dan menarik, misalnya ketika ada musibah gempa, berita di twitter akan terasa lebih aktual.

- Cara membalas update status adalah dengan menulis update status baru dengan menyertakan @namaorang yang dibalas atau bisa juga dengan menambahkan RT. Ini yang membuat twitter menjadi istimewa. Bayangkan jika ada seseorang menulis update status hanya ditujukan untuk kita, tulisan itu diposting di halamanya, tentu tweet tersebut jadi lebih berkesan. Karena itu di twitter user harus lebih aktif “menyapa” supaya dapat banyak tweet balasan.

- Di Twitter, Jika tidak mengaktifkan privacy, maka semua orang bisa membaca update status kita, termasuk orang yang belum punya akun twitter. Semua orang juga bisa follow tanpa harus meminta konfirmasi dari kita. Mungkin alasan ini yang membuat beberapa artis, selebritis, politikus, mentri, sampai presiden punya twitter. Akun mereka biasanya di follow oleh ribuan orang.

- Postingan tweet berasal dari macam-macam tools atau aplikasi, misalnya: tweetdect, ubertwitter, tweete, hahlo, twitpic, twhirl, twitterfox, dan lain-lain kalau disebutkan bisa ratusan. Dan aplikasi tersebut bisa dipakai dari bermacam-macam platform: mulai web, mobile, Blackberry, iPhone, dan lain-lain. Kadang di beberapa aplikasi malah memiliki fitur yang lebih lengkap, lebih kompleks, lebih canggih daripada akses lewat web twitter itu sendiri. Misalnya di web twitter tidak ada fasilitas RT (retweet) tapi di aplikasi lainnya ada, di twitter tidak bisa upload foto, tapi kita bisa upload foto di twitpic, dan lain-lain. Sangat fleksibel.

Facebook
- Lebih fleksibel dalam hal jumlah karakter, tetapi merupakan jejaring yang lebih tertutup dibanding twitter, tidak heran update status di facebook kadang ada yang terkesan lebay. Terlihat orang-orang yang sibuk main game atau muncul juga laporan quiz-quiz yang kurang penting.

- Biasanya, akun yang tidak saling terkoneksi, tidak bisa saling melihat apa saja konten di masing-masing kronologi akun. Artinya, hanya teman dalam jejaring yang bisa melihat kiriman yang dibuat di Facebook.

- Facebook tidak hanya sekadar update status, berbagi link, berbagi gambar, berbagi video, berkirim pesan, blogging (note), chatting facebook juga menyediakan fitur undangan (invitation), quiz, grup, dan sebagainya.

- cara membalas update status adalah dengan menuliskan komentar yang muncul di bawah update status tersebut, begitu seterusnya secara berurutan (threaded).

- Di facebook harus mengkonfirmasi satu-persatu permintaan teman yang jumlahnya puluhan ribu.


Fitur di twitter


@Home
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline.

@Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

@Hashtag
Diawali dengan tanda "#topik" (tanpa tanda petik) dan tulisan topik biasanya diisi dengan topik yang ingin dibicarakan sehingga untuk melihat history dan siapa saja yang sedang membicarakan topik tersebut hanya perlu mengetikkan "hashtag" tersebut. jika topik tersebut memiliki lebih dari dua kata atau lebih maka penulisan hastag tersebut disambung.
contoh:
- #Konser
- #DesemberWish (penulisan lebih dari 1 kata)


@Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

@Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama. (kalau di Facebook) adalah "Add"

@Mentions
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

@Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

@Pesan Langsung (Direct Message / DM)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.



@Retweet atau disingkat RT (huruf besar)
Sebuah fungsi dalam menggunakan twitter dimana seseorang yang menggunakan fungsi ini "meng'iya'kan" sebuah tweet, atau mengulangi tweet tersebut sebagai sebuah persetujuan, bisa juga berfungsi sebagai balasan atas reaksi seseorang. Fungsi ini telah disertakan pada sebuah tweet.
Contoh:
"RT @TweetRAMALAN: #FaktaScorpio: Sangat Setia, Humoris, lucu, Romantis, rela berkorban dan suka travelling"
(jenis retweet seperti ini memiliki fungsi yang sama seperti "like" dalam facebook)

"@atikahtami: Gpp ta. Iseng ajh. Apa kbr lo? RT @tita_sinsi: @atikahtami Kmrn sms knp tam? gw udh bls kan.."
(adalah bentuk RT sebagai balasan atau reaksi)

@Trending topic
Topik-topik yang sedang ramai dibicarakan oleh tweeps, biasanya ditampilkan 10 list di sidebar kanan timeline. Trending topic bisa bermanfaat bagi corporate branding dalam target pemasaran mereka, bisa pula bermanfaat bagi politikus untuk melihat isu-isu aktual, dan bermanfaat untuk siapa saja dalam mengikuti trend global, contoh: rilis film terbaru.

Di twitter anda bisa mendapatkan informasi yang aktual dan fokus dikarenakan pembatasan tulisan hanya 140karakter entah itu peristiwa, hal pribadi, promosi dll

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://www.lihatcara.com/2012/01/cara-menggunakan-twitter-bagi-pemula.html
http://dedewiweka.com/keunggulan-twitter.html
http://mylaboratorium.blogspot.com/2011/12/10-perbedaan-facebook-dan-twitter.html

2 komentar:

  1. Hei friend,Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755


    makasi :)

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus dan sederhana sekali cara penyampaiannya :D

    http://www.rawatweb.com

    solusi merawat web anda yang tak terurus

    http://www.asianbrilliant.com |
    http://www.thekaospolos.com

    BalasHapus