Jumat, 08 Maret 2013

Bahasa Pemrograman PHP

PHP (Hypertext Preprocessor)  adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis berbasis web. Bahasa Pemrogramman PHP memiliki file extensi  *.php dan tidak bisa di access secara langsung tanpa adanya sebuah web server.

Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana-mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.

PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Syntax-Syntax PHP diawali dan di akhiri dengan <?php…..?> atau <?...?>. Syntax PHP juga dapat di sisipkan pada tag-tag html. File PHP yang ditaruh pada file yang ber extensi *.html tidak akan di eksekusi alias tidak bisa di access.

Pembuatan variable pada PHP diawali dengan symbol $ (dolar), juka symbol tersebut tidak ada maka variabel tersebut tidak akan dapat di eksekusi atau biasanya error. Misal contohnya: "$nama != nama variable" $nama pasti akan di kenali oleh program, namun sebaliknya variable nama tidak akan di eksekusi oleh program karena tidak di kenali, dan tidak andanya symbol $ (dolar).

PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu :
  1. Integer
  2. Double
  3. Boolean
  4. String
  5. Object
  6. Array
  7. Null
  8. Nill
  9. Resource
Contoh penulisan syntax PHP:

<?php
$nama = "Sinsi";
    echo "Halo Nama Saya " + $nama;
?>

Output:
Halo Nama Saya Sinsi

Selain PHP saya juga tertarik dengan Oracle karena berhubungan dengan database dan juga banyak perusahaan besar yang saat ini memakai Oracle.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/PHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar