Jumat, 08 Maret 2013

Sistem Informasi Grografis (SIG)

Karena semester ini terdapat mata kuliah Sistem Informasi Geografis maka saya akan membahas sedikit mengenai SIG dan apa manfaat dari matakuliah SIG ini.

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang memberikan informasi tentang tempat tempat yang berada di permukaan bumi, pengetahuan tentang letak suatu objek di permukaan bumi, dan informasi tentang keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya telah diketahui.

SIG digunakan untuk menangani data spasial atau data tentang keruangan, pemetaan tanah dan agrikultural, arkeologi, jaringan listrik dan geologi.

Dalam hubungannya dengan teknologi komputer:

  • Menurut Arronoff (1989) dalam Anon (2003) "SIG sebagai sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), memanipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output)."
  • Menurut Burrough, 1986 "Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, mengelola, menganalisis dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai referensi keruangan untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan."
Manfaat Sistem Informasi Geografis
Dengan mempelajari mata kuliah SIG ini saya ingin dapat menambah pengetahuan dan ilmu untuk mengetahui bagaimana cara untuk dapat mengetahui dan menentukan perencanaan wilayah-wilayah agar efisien dan efektif untuk digunakan, seperti:
  1. Mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.
  2. Mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
    • Kawasan lahan potensial dan lahan kritis;
    • Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak;
    • Kawasan lahan pertanian dan perkebunan;
    • Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan;
    • Rehabilitasi dan konservasi lahan.
  3. Dapat memantau luas wilayah bencana alam.
  4. Untuk dapat menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana
  5. Penentuan tingkat bahaya erosi;
  6. Untuk memprediksi ketinggian banjir;
  7. Untuk memprediksi tingkat kekeringan.
Sumber:
http://mbojo.wordpress.com/2007/04/08/sistem-informasi-geografi-sig/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar